Selasa, 23 Maret 2010

Coto Makasar


Assalamualaikum WW,

Hai kawan, kita jumpa lagi nih, masih nunggu entri-entri saya tentang Aneka Resep Soto nggak? saya harap sih kawan semua masih setia sama saya he...he...

Hari ini saya ingin berbagi resep Coto Makasar. Kawan semua pasti sudah sangat familiar dengan soto yang satu ini karena memang hampir di setiap kota besar Indonesia ada saja yang menjual soto yang biasa disebut dengan Coto ini. Makanan berkuah asal Makasar ini memang sedap kawan apalagi jika dimakan di pagi hari sebagai menu sarapan, wuuiiih benar-benar makanan yang menghangatkan dan mengenyangkan kawan (aduuh ngiler nih saya he...he...)

Kawan, pada saat saya tinggal di Bontang, Kalimantan Timur, mengikuti suami yang bertugas di sana, saya mempunyai teman satu kantor yang asli orang Makasar dan pintar sekali membuat Coto Makasar (oh ya kawan, di Bontang banyak sekali masyarakat Ujung Pandang / Makasar yang tinggal di sana sehingga banyak juga yang menjual Coto Makasar). Teman saya tersebut sering sekali memasak coto dan membawa ke kantor untuk sarapan paginya yang alhamdulillah kami semua teman sekantornya juga selalu dibaginya juga (terima kasih ya Rossmawati yang cantik dan baik hati, Allah yang akan membalas kebaikan hatimu he...he...). Coto buatan teman saya ini kuahnya kental karena memakai kacang tanah dan rasanya alamak ueennaaaak poollll, apalagi jika disantap dengan sambal taoco yang agak pedas, wuuiihh....wuuuiih mertua lewat jadi tidak terlihat he...he...

Ingin tahu resepnya?, ini saya bagikan untuk anda semua resep coto Makasar ala teman baik saya itu.

Resep Coto Makasar
-----------------------
Bahan :
-----------
  1. 300 gr daging sandung lamur
  2. 200 gr jeroan yang berupa babat, paru dan usus sapi
  3. Kacang tanah 30 gr, sangrai, giling halus
  4. 1 liter air kaldu sapi
  5. 1 batang serai, memarkan
  6. 2 lembar daun salam
  7. 1 ibu jari lengkuas, memarkan
  8. 1 sendok teh gula pasir
  9. garam secukupnya
  10. 4 sendok makan minyak goreng

Bumbu Halus
-----------------
  1. Ketumbar 2 sendok teh, disangrai
  2. Jintan 1/2 sendok teh, sangrai
  3. Merica butir 1 sendok teh, sangrai
  4. Bawang putih 7 siung

Pelengkap
------------
  1. Daun bawang, rajang/iris halus
  2. Seledri, rajang/iris halus
  3. Jeruk nipis
  4. Bawang goreng

Sambal Tauco
-----------------
15 buah cabe rawit merah, kukus
5 buah cabai merah
5 sdm air
2 sdm tauco
1 sdt jeruk nipis
1 sdm kecap manis

Cara Membuatnya
------------------------
  1. Cuci bersih daging, rebus dengan air sampai daging empuk, angkat dan tiriskan. Potong dadu daging atau menurut selera.
  2. Sisihkan air kaldu hasil rebusan daging tersebut sekitar 1 liter.
  3. Cuci bersih usus sampai lemaknya hilang, rebus dengan air yang banyak sampai empuk, angkat, buang airnya, lalu cuci kembali sampai bersih usus. Potong usus sesuai selera.
  4. Cuci bersih babat, rebus sampai mendidih dan empuk. Setelah empuk angkat babat, cuci kembali sampai bersih, potong dadu sesuai selera
  5. Cuci bersih paru, rebus sampai mendidih dan empuk, angkat dan cuci kembali sampai bersih, potong dadu sesuai selera
  6. Rebus kembali usus, paru dan babat agar baunya hilang, tambahkan daun salam, masak hingga mendidih dan empuk. angkat dan tiriskan
  7. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum. masukkan lengkuas dan serai, aduk rata. Tambahkan air secukupnya agar bumbu tidak gosong, masukkan daging dan jeroan hingga air habis dan bumbu meresap.
  8. Tuang tumisan ke dalam kaldu sapi, masukkan gula pasir dan garam. Aduk rata, masak hingga mendidih. Masukkan kacang tanah, masak di atas api kecil. Aduk sesekali, masak hingga meresap. angkat.
  9. Buat sambal tauco, caranya haluskan cabe rawit dan cabe merah. Tuang air, tauco, air jeruk nipis dan kecap manis, aduk rata. Sisihkan.
  10. Sajikan Coto dalam mangkuk, taburi dengan daun bawang, seledri dan bawang merah goreng. sajikan selagi panas, lengkapi dengan jeruk nipis dan sambal tauco.

Hayo kawan, segera dicoba resepnya ya, rasakan sensasinya yang tak akan terlupakan he...he...

Sekian dulu ya , nantikan entri saya berikutnya.

Wassalamualaikum WW,

Ny.Hj.Alicce Hanafi

1 komentar:

  1. terima kasih gan atas postingannya, sangat memnantu dan juga sangat bermanfaat.
    salam kenal ya.

    BalasHapus