Selasa, 25 Mei 2010

Soto Sulung Surabaya


Assalamualaikum WW,

Kawan di Surabaya ada soto daging dan jeroan sapi yang cukup terkenal yaitu Soto Sulung namanya. Dikatakan demikian karena memang letak warung soto tersebut di jalan Sulung.
Saya sekeluarga sering makan dan menjadi langganan warung soto Sulung ini terutama di pagi hari sekalian untuk sarapan pagi. Rasa soto Sulung sebenarnya mirip dengan soto Madura yang juga banyak dijajakan di Surabaya, tetapi mungkin yang membuat beda adalah cara pengolahan bumbunya. Soto Sulung sangat nikmat jika disantap dalam keadaan hangat cenderung panas, apalagi jika ditambah kecap manis, jeruk dan sambalnya, uuuhhhh lezatnya tiada terkira kawan.

Kawan, karena saya sekeluarga penggemar berat soto Sulung maka saya berusaha mencari resep soto ini, baik lewat teman maupun dari buku-buku masakan yang saya baca.
Dari pencarian tersebut akhirnya saya dapatkan juga resepnya. setelah saya coba rasanya ternyata tidak jauh berbeda kawan dengan aslinya he..he... muji diri sendiri, tapi betul koq kawan, kalau tidak percaya ayo dicoba. Ini saya berikan resepnya.

Resep Soto Sulung
-------------------
Bahan :
---------
  1. Campuran babat, paru dan usus sapi 350 gram
  2. Daging sapi has dalam atau sandung lamur 150 gr
  3. Air Kaldu sapi 1500 ml
  4. Serai 1 batang, memarkan
  5. Daun salam 3 lembar
  6. Minyak goreng secukupnya
  7. Gula Pasir 1/2 sendok teh
  8. Garam secukupnya
  9. Seledri iris tipis

Bumbu Halus
--------------- 
  1. Bawang merah 9 buah
  2. Bawang putih 3 siung
  3. Kemiri sangrai 3 butir
  4. Kunir 1 ruas jari, kupas , bakar
  5. Jahe 1 jempol kaki
  6. Merica butir 1 sendok teh, sangrai
  7. Garam secukupnya

Untuk pelengkap
------------------ 
  1. Lontong atau nasi
  2. Telur ayam direbus, belah dua
  3. Bawang merah goreng
  4. Jeruk nipis
  5. Kecap manis
  6. Sambal cabai rawit, rebus, giling halus

Cara membuatnya :
------------------------ 
  1. Rebus daging sapi sampai mendidih, angkat, potong-potong sesuai selera , sisihkan. Air kaldu daging disaring agar agak bening.
  2. Cuci bersih usus sapi lalu rebus sampai mendidih dan agak empuk , angkat, cuci bersih. Rebus kembali dengan air yang baru/bersih  sampai mendidih , agar baunya hilang. Angkat, potong sesuai selera dan tiriskan
  3. Rebus babat dan paru dalam air hingga mendidih dan agak empuk , angkat , cuci bersih dan tiriskan. 
  4. Rebus kembali paru dan babat dengan air yang baru sampai mendidih agar baunya hilang. Angkat, potong sesuai selera dan tiriskan.
  5. Rebus ulang usus, babat dan paru dengan air yang baru, tambahkan daun salam, masak hinga mendidih dan empuk. Angkat tiriskan
  6. Panaskan minyak goreng, tumis bubu halus dan serai hingga harum. Tuangkan air secukupnya, masak hingga air kering. Masukkan tumisan bumbu tersebut ke dalam air kaldu. daging sapi, lalu masukkan usus, paru, babat dan daging. Tambahkan garan dan gula . rebus hingga bumbu meresap
  7. Sajikan soto dalam mangkok, jangan lupa taburi dengan bawang merah goreng dan seledri. Hidangkan soto dalam keadaan panas dengan pelengkapnya.

Bagaimana kawan, sudah terbayang belum kelezatannya??  ayo segera dicoba ya

Wassalamualaikum WW,


Ny.Hj.Alicce Hanafi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar